Tidak Banyak yang Tahu teryata Mengaduk Nasi Di Ricecooker Ada rumus Fisikanya LhO

Melalui postingan akun @daniellsinaga di Twitter mengenai rumus fisika rice cooker akhirnya teka-teki nasi bisa tahan lama terjawab sudah.

postingan kali ini bukan mengenai berbagi pengalaman atau hal receh yang biasanya diposting di Twitter, namun kali ini sangat bermanfaat.

Akun @daniellsinaga mengungkapkan rahasia fisika sebuah rice cooker untuk membuat nasi tidak cepat basi.

Dari cuitan yang diunggahnya, @daniellsinaga juga menyertakan foto hasil screenshoot dari akun Facebook dengan akun Mikrajuddin Abdullah.

Mikrajuddin Abdullah sendiri ini merupakan dosen fisika dari Institut Teknologi Bandung, salah satu komentar netizen @ydindria mengungkapkan kalau beliau mengajarkan di kelas memang suka mengaitkan rumus-rumus yang dipelajari dengan peristiwa sehari-hari.



@ydindria ''Dosen fisika itebe nih, kalo di kelas emang suka mengaitkan rumus-rumus yg dipelajari ke peristiwa sehari-hari''.

Dalam postingan tersebut, Mikrajuddin menceritakan istrinya selalu mengaduk nasi dalam rice cooker setelah nasi matang.

Menurut pernyataannya, kalau nasi tidak diaduk, nasi akan cepat basi.

Hal itu merupakan bukan alasan yang asal lho, nyatanya ada rumus fisika yang bisa dijelaskan.

Setelah nasi matang masih terdapat air yang terperangkap antara butiran nasi, dengan diaduknya nasi maka air akan keluar melalui proses penguapan atau difusi.

Jadi kalau nasi tidak diaduk, maka air akan mengendap cukup lama dalam nasi dan dapat menyebabkan nasi cepat basi.

Jika nasi diaduk setelah matang, maka antara butiran nasi akan terdapat ruang kosong untuk mengeluarkan air dan menguap yang ada di butiran nasi.

Dengan melakukan hal tersebut, gas akan keluar dan jumlah air akan berkurang yang membuat nasi bisa awet cukup lama dan tidak cepat basi.

Tidak hanya mendeskripsikan secara tulisan, akun Facebook Mikrajuddin Abdullah juga menjelaskannya dalam bentuk gambar, grafik lengkap dengan rumus fisika.


Melalui postingan tersebut banyak netizen yang memuji postingan bermanfaat dari @daniellsinaga.

Akun @yuska77 mengungkapkan bahwa hal ini harusnya diajarin di sekolah ''Penting banget ini, harusnya diajarin di sekolah''.

@roseuserenity juga menyetuji rumus fisika ini dari ibunya ''mamaku dari pake rice cooker pasti begini, tapi ditunggu tanak dulu (15 menit setelah ngejetrek matang) terus diaduk deh''

@torelicious ''Nyokap dari dulu udah gitu,, tapi tujuannya nyokap sih biar nasinya cepet keras, kalo baru mateng kan agak lembek.

Dalam akun @Marshpanda juga memuji orang jaman dahulu yang sudah menerapkan rumus fisika ini ''Berarti orang jaman dahulu hebat ya. Mereka selalu mendinginkan nasi yang baru matang di pindah ke bakul lalu di kipas2''.

Hal ini bisa kamu terapkan untuk kamu yang setiap hari memasak dengan rice cooker ya guys biar nasi yang kamu masak tidak terbuang sia-sia karena basi. (bs/hitekno.com)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tidak Banyak yang Tahu teryata Mengaduk Nasi Di Ricecooker Ada rumus Fisikanya LhO"

Post a Comment

Meninggalkan komentar itu baik, yang tidak baik adalah meninggalkan spam dan hal-hal yang dilarang

Usa Car Insurance - The American Way
I know most people prefer cheap USA car insurance. If you are one of them, there is no need to worry too much about where to find one. The Internet is the only tool that you need to take you to the best insurance deal there is. One search can provide you with thousands of results.
women insurancSimpane and dating insurance
Looking for the cheapest USA car insurance quote does not need to be time consuming and tiring. Like what I said, the Internet can provide you with an endless list. But do you really just want to look at the cost of the car insurance that you are going to buy? Should you not take into consideration other factors such as the quality of customer service? I know price is the most important deciding factor here, but let us not forget that there are also crucial things that you should reflect on.
There are many online insurance companies today that can offer you affordable US insurance deals. However, many of them are newbies in this field. They do not have enough experience in the ins and outs of the insurance industry, so it might be very risky to do business with them. The worst thing that can happen is that they might not be so reliable if ever you need to file a claim for your stolen car or if you got into an accident.
It is advisable that you check out the more experienced companies first. Try those that have been in the business for several decades. They definitely are
life insurance online
women insurance and dating insurance Dating Is Love?s Business!dating usa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel