Mengintip Gurita Bisnis Jack Ma Raksasa Alibaba Group Yang Ada Di Indoesia

Jack Ma dalam film pendek yang mempromosikan Tai Chi. (Yahoo News Singapore)

Kehadiran Jack Ma pada upacara penutupan Asian Games 2018 kemarin menarik banyak perhatian. Tapi apakah kau tahu apa yang sebenarnya Jack Ma? Apakah Anda tahu apa itu gurita bisnis Jack Ma?

Dinamakan Ma Yun asli, seorang pria kelahiran Hangzhou, Zhejiang, China, 10 September 1964 adalah seorang yang berprofesi sebagai pengusaha ulung di bidang e-commerce.

Jack Ma mulai membaca peluang bisnis e-commerce ini ketika ia menjadi sekretaris manajer umum di gerai penjual ayam goreng Kentucky Fried Chicken.

Pada saat itu ia mengenal komputer dan internet. Pada saat itu ia sedang mencari kata "bir" pada mesin pencari Yahoo tetapi tidak dapat menemukan data.

Akhirnya Jack Ma memberanikan diri untuk meminjam 2.000 dolar AS dari kerabatnya untuk mendirikan perusahaan komputer.

Jack Ma membaca peluang untuk menjual barang-barang Cina dan internet. Itu sebabnya ia mendirikan Alibaba, sebuah situs e-commerce pada tahun 1999.

Alibaba dikembangkan menjadi salah satu raksasa e-commerce dunia. Lalu pada tahun 2014, Alibaba Group melakukan penawaran umum perdana (IPO).

IPO Alibaba Group disebut-sebut sebagai IPO e-commerece yang paling sukses yang pernah ada. Dilansir dari ChinaNationalNews, IPO ini berhasil mengumpulkan dana hingga Rp. 289,9 triliun.

Dan sekarang perusahaan Cina raksasa ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar 500 miliar dolar AS, setara dengan Rp 6.655 triliun.

Dana sebesar ini menempatkan Alibaba Group ke dalam deretan perusahaan raksasa lainnya seperti Apple, Alphabet (induk Google), Microsoft, Amazon, Facebook, dan Tencent.

Perkembangan dari Alibaba Group tidak dapat dipisahkan dari ekspansi. Tidak hanya pada e-commerce, Alibaba Group juga menyebar sayapnya ke lapangan.

Pengelolaan cloud data yang umum dilakukan Alibaba Cloud Computing, sistem pembayaran dengan Alipay, UCweb di search engine dan Weibo Corp.

Alibaba Group juga memasuki media digital melalui Youku Tudou dan China Vision Media Group Ltd. Dan perusahaan sistem informasi CITIC 21CN.

Gurita bisnis Jack Ma juga memasuki bidang logistik. Di mana Alibaba Group memiliki Zheijang Cainiao Suplly Chain management Co., ltd.

Tidak hanya menguasai bisnis ritel online dengan Alibaba, Taobao dan Tmall, Alibaba Group juga memasuki ritel offline dengan AutoNavi Holding etd dan Intime Retail Group etd.

Setelah Alibaba Group anak-anak di atas, ada banyak perusahaan lain. Hal inilah yang membuat jaringan bisnis Alibaba Group semakin meluas dan antusias.

Itu hanya perusahaan-perusahaan di bawah Grup Alibaba secara langsung.

Jack Ma tidak hanya berhenti di situ, karena dia menginvestasikan dana dalam bisnis besar. Salah satunya adalah ekspansi Alibaba Group ke Asia Tenggara dengan investasi sebesar 1,1 miliar dolar AS ke Tokopedia.

Jangan berhenti di situ, Alibaba Group juga meningkatkan investasinya 2 miliar dolar AS kepada Lazada.

Seperti yang dilaporkan oleh Bloomberg, Alibaba Group telah menguasai 51 persen dari saham Lazada pada 2016 dengan investasi sebesar US $ 1 miliar.

Ditambah dengan 2017, menurut CNBC, Alibaba Group menyuntikkan US $ 1 miliar ke Lazada untuk meningkatkan sahamnya menjadi 83 persen.

Ekspansi gurita bisnis Jack Ma tidak hanya menggunakan e-commerce. Kami tahu bahwa UCWeb juga telah masuk ke Indonesia.

UCWeb masuk ke Indonesia dengan membawa UCNews dan UC Browser.

Tidak ada aturan tentang kemungkinan, di masa depan anak-anak Alibaba Group juga dapat memperluas ke Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Dengan jaringan bisnis Alibaba Group ini sebesar ini, menjadikan Jack Ma nomor 3 orang terkaya di China dan nomor 20 di dunia.

Tidak ada Forbes termasuk Jack Ma dalam daftar 'Orang Paling Kuat di Dunia' dan '' Milyarder Dunia '' dengan tokoh-tokoh terkemuka di dunia.

Jack Ma pernah berkata bahwa ia memiliki kekayaan sebesar 38,2 miliar dolar AS atau sama dengan Rp. 580 triliun.

Alibaba Group dan nilai kekayaan Jack Ma dapat terus meningkat dari tahun ke tahun. Mengingat gurita bisnis Jack Ma yang terus menyebar ke mana-mana.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengintip Gurita Bisnis Jack Ma Raksasa Alibaba Group Yang Ada Di Indoesia"

Post a Comment

Meninggalkan komentar itu baik, yang tidak baik adalah meninggalkan spam dan hal-hal yang dilarang

Usa Car Insurance - The American Way
I know most people prefer cheap USA car insurance. If you are one of them, there is no need to worry too much about where to find one. The Internet is the only tool that you need to take you to the best insurance deal there is. One search can provide you with thousands of results.
women insurancSimpane and dating insurance
Looking for the cheapest USA car insurance quote does not need to be time consuming and tiring. Like what I said, the Internet can provide you with an endless list. But do you really just want to look at the cost of the car insurance that you are going to buy? Should you not take into consideration other factors such as the quality of customer service? I know price is the most important deciding factor here, but let us not forget that there are also crucial things that you should reflect on.
There are many online insurance companies today that can offer you affordable US insurance deals. However, many of them are newbies in this field. They do not have enough experience in the ins and outs of the insurance industry, so it might be very risky to do business with them. The worst thing that can happen is that they might not be so reliable if ever you need to file a claim for your stolen car or if you got into an accident.
It is advisable that you check out the more experienced companies first. Try those that have been in the business for several decades. They definitely are
life insurance online
women insurance and dating insurance Dating Is Love?s Business!dating usa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel